Inspirasi Hunian

Mengenal Arsitektur Vernakular yang Orisinal

Mengenal Arsitektur Vernakular yang Orisinal

Pengertian arsitektur vernakular menurut para ahli – Pernah mendengar arsitektur vernakular? Gaya yang seperti apa ya itu? Walaupun mungkin kurang dikenal, memang wujud berasal dari arsitektur vernakular telah sering Anda melihat lho. Vernakular merupakan type arsitektur yang dirancang berdasarkan keperluan lokal, ketersediaan bahan bangunan dan mencerminkan tradisi lokal. Tak hanya itu, vernakular termasuk bisa disebut sebagai teori yang digunakan untuk mempelajari susunan yang dibikin oleh penduduk lokal tanpa intervensi berasal dari arsitek profesional.

Setelah melihat penjelasan tadi, kurang lebih apa ya semisal berasal dari arsitektur vernakular? Ya, di Indonesia semisal berasal dari arsitektur ini apabila rumah joglo, rumah gadang, dan rumah tradisional lainnya. Nah, sehingga Anda bisa lebih akrab bersama dengan istilahnya, yuk ketahui dahulu definisinya tersebut ini.

Kata Kunci : Mengenal Arsitektur Vernakular Yang Orisinal, pengertian arsitektur vernakular, arsitektur vernakular dan tradisional, pengertian arsitektur vernakular menurut para ahli, arsitektur vernakular jawa, arsitektur neo vernakular, contoh bangunan arsitektur tradisional.

Apa Itu Arsitektur Vernakular?

arsitektur vernakular di Afrika

arsitektur vernakular di Afrika

Vernakular merupakan makna yang berasal berasal dari kata vernaculus di bhs Latin yang miliki makna asli, pribumi, atau domestik, dan juga kata verna yang artinya budak pribumi atau budak rumah-lahir. Dalam dunia arsitektur, vernakular mengacu pada tipe arsitektur asli pada kala atau area tertentu. Maksudnya, arsitektur ini tidak diimpor atau didesain berasal dari area lain. Biasanya, arsitektur vernakular paling sering digunakan pada bangunan area tinggal. Arsitektur ini termasuk merepresentasikan arsitektur primitif atau asli, arsitektur adat, arsitektur leluhur atau tradisonal, arsitektur pedesaan, arsitektur etnis, dan arsitektur yang dibikin tanpa arsitek.

Sebenarnya, teori perihal arsitektur ini telah tersedia sejak tahun 1800-an. Hal ini menunjukkan rencana arsitektur ini bukanlah sebuah rencana baru, melainkan telah tersedia sejak zaman dahulu. Namun, arsitek mulai tertarik mengfungsikan vernakular dalam teori arsitektur pada awal abad ke-20.

Intinya, arsitektur yang didesain oleh arsitek profesional tidak bisa diakui sebagai vernakular. Arsitektur terkenal, Frank Lloyd Wright melukiskan arsitektur ini sebagai bangunan penduduk yang terlihat untuk menanggapi keperluan yang ada, sesuai bersama dengan keadaan lingkungannya dan dibangun oleh orang yang terlampau jelas keperluan yang diinginkan.

Ciri Arsitektur Vernikular

Bisa dikatakan bangunan bergaya vernikular terlampau lekat bersama dengan identitas berasal dari penduduk lokal tiap tiap daerah. Lantas, apa saja ya pembawaan berasal dari arsitektur vernakular dalam pengaplikasiannya secara lazim di beraneka belahan dunia?

Contoh Bangunan Arsitektur Tradisional

Arsitektur yang Dipengaruhi oleh Iklim

rumah di timur tengah

rumah di timur tengah

Vernakular merupakan arsitektur yang terlampau tergoda oleh iklim berasal dari area area bangunan tersebut didirikan. Misalnya, bangunan di iklim dingin kebanyakan lebih tertutup bersama dengan desain jendela berukuran kecil atau serupa sekali tidak ada. Sebaliknya, bangunan di iklim hangat bakal condong dibangun bersama dengan material yang mudah dan miliki ukuran ventilasi yang besar.

Pengaruh iklim bisa membuat susunan bangunan jadi lebih kompleks. Coba melihat susunan bangunan di lokasi Timur Tengah yang sering miliki halaman di bagian tengah rumah bersama dengan kolam kecil untuk mendinginkan udara. Hal-hal simple seperti ini tidak didesain oleh arsitek, melainkan terlihat akibat trial and error yang dirasakan oleh lebih dari satu generasi.

Gaya Hidup dan Budaya Memengaruhi Bentuk Bangunan

rumah adat toraja

rumah adat toraja

Selain iklim, type hidup berasal dari penduduk dan cara mereka mengfungsikan bangunan bakal pengaruhi wujud bangunan. Banyaknya bagian keluarga, cara membuat makanan, cara berinteraksi, dan tradisi lainnya bakal terlampau pengaruhi tata letak dan juga ukuran area tinggal.

Di Afrika Timur apabila yang miliki penduduk poligami, terkandung rumah terpisah untuk istri yang berlainan atau area tinggal terpisah untuk anak laki-laki yang telah dewasa sehingga tidak satu rumah bersama dengan anak perempuan. Struktur pemisah ini sesuaikan hubungan sosial dan juga privasi berasal dari tiap tiap bagian keluarga.

Budaya termasuk bakal pengaruhi tampilan atau dekorasi bangunan vernakular. Penghuni atau penduduk setempat bakal menghiasi bangunan sesuai kebiasaan dan keyakinan lokal. Seperti rumah kebiasaan Toraja yang miliki banyak ukiran dan simbol di dinding rumah yang menunjukkan status sosial sang penghuni.

Material Bangunan berasal dari Lingkungan Sekitar

rumah tradisional jepang

rumah tradisional jepang

Bangunan vernakular kebanyakan mengfungsikan material bangunan berasal dari bahan-bahan yang bisa didapatkan berasal dari lingkungan sekitarnya. Daerah bersama dengan banyak pohon kebanyakan mengfungsikan kayu sebagai material utamanya. Sementara itu, area tanpa kayu bakal mengfungsikan lumpur atau batu sebagai material bangunannya. Di Jepang misalnya, mereka mengfungsikan bambu untuk membuat bangunan karena di sana bambu terlampau berlimpah. Hal ini menunjukkan bahwa type vernakular terlampau ramah lingkungan dan tidak dulu kenakan bahan-bahan alami berasal dari alam secara berlebihan.

Penutup

Wah, banyak sekali ya makna yang bisa kami dapatkan berasal dari arsitektur vernakular. Yuk, lestarikan bersama dengan mengkombinasikan type vernakular dalam arsitektur modern. Hasilnya tetap bisa terlihat menarik lho.

Back to list